Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10

Secara default hardisk hanya terbagi menjadi satu partisi, bagi beberapa orang satu partisi mungkin sudah cukup tapi ada juga yang membutuhkan lebih dari satu partisi agar dapat menyimpan file secara terpisah dan lebih rapi lagi dengan cara menambah partisi hardisk. Maka dari itu kalian butuh membagi partisi hardisk untuk dapat membuat partisi hardisk baru.

Contoh konsep membagi partisi hardisk misalnya kalian mempunyai 100GB hardisk dan kalian ingin manambah partisi baru maka 100GB tersebut akan terbagi sesuai kapasitas hardisk yang kalian inginkan. Kalian juga bisa menerapkan cara membagi partisi hardisk ini di windows 7 maupun windows 8/8.1. Langsung saja simak caranya dibawah ini.

Tahapan-tahapan Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10

  • Pertama-tama kalian perlu masuk ke disk management, cara masuk ke disk management kalian cukup klik kanan pada logo windows lalu pilih disk management.

Cara Masuk Disk Manager Di Windows 10

  • Karena disini saya mempunyai dua disk, Disk 0 adalah HDD/Hardisk dan Disk 1 SSD jadi saya memilih disk 0 yaitu hardisk saya untuk di bagi partisinya. Di dalam hardisk saya juga terdapat dua partisi, partisi D dan E. Jika kalian mempunyai dua partisi seperti saya, pilih salah satu partisi untuk dibagi, usahakan pilih partisi yang msh banyak ruang kosongnya. Jika kalian sudah tetapkan partisi mana yang ingin dibagi, klik kanan pada partisi tersebut lalu pilih Shrink Volume. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Cara Membagi Partisi Atau Shrink Hardisk Di Windows 10

  • Isikan kapasitas yang ingin kalian pakai untuk partisi yang baru dalam ukuran MB, misalnya disini saya mengisi 100MB untuk partisi yang baru. Jika sudah pilih Shrink lalu tunggu hingga proses selesai.

  • Setelah itu akan muncul Unallocated, klik kanan pada Unallocated tersebut lalu pilih New Simple Volume dan akan muncul tampilan baru, klik saja Next hingga selesai hingga pada bagian akhir pilih Finish. Sampai pada tahap ini pembagian partisi hardisk telah selesai dan kalian bisa lihat hasilnya seperti dibawah ini.

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 10
Partisi Baru Windows 10 Yang Sudah Dibuat

Lama proses pembagian hardisk tergantung dari kapasitas yang kalian buat dan kecepatan hardisk kalian. Jangan ragu untuk bertanya jika ada bagian yang belum mengerti.

Posting Komentar untuk "Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10"

Berlangganan via Email