Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengoptimalkan Dan Meningkatkan Performa Windows 10

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan performa Windows 10, salah satunya dengan cara mematikan fitur-fitur yang ada pada Windows 10. Dengan mematikan fitur-fitur yang ada tentu saja dapat meningkatkan performa, meskipun tidak terlalu signifikan tetapi dapat membantu Windows 10 kalian dapat berjalan lebih baik. Langsung saja simak caranya dibawah ini.

Mematikan Visual Effects

Visual effects di Windows 10 cukup banyak, salah satunya yaitu Smooth Scoll. Efek tersebut berguna untuk memperhalus efek scroll pada Windows 10. Berbagai macam visual efek pada Windows 10 tentu saja dapat dimatikan untuk dapat meningkatkan performa Windows 10. Dengan mematikan efek pada Windows 10, mata kita tidak dapat lagi dimanjakan dengan efek-efek yang bagus tersebut.

Cara Mematikan Visual Effects Di Windows 10

  • Klik kanan pada icon This PC pada desktop setelah itu pilih Properties, jika icon This PC tidak ada pada desktop, kalian bisa baca dulu artikel tentang Mengatasi Masalah Icon This PC Yang Hilang Di Windows 10.

  • Setelah itu pilih Advanced system settings.

Masuk Advanced system settings Di Windows 10

  • Akan muncul pop up baru lalu pilih Settings pada menu Performance.

Pilih Settings pada menu Performance

  • Muncul pop up baru lagi yaitu Performance Options, pilih Adjust for best performance setelah itu pilih OK untuk menyimpan perubahan.

Mematikan Visual Efek Dengan Cara Pilih Adjust for best performance

Mematikan Windows Features

Mematikan Windows Features berguna untuk mencegah bebrapa fitur yang ingin dimatikan berjalan di latar belakang, disini saya mematikan Media features dan Internet Explorer. Alasan saya mematikan fitur sesebut karena saya menggunakan software pihak ketiga, misalnya saja tentang Media features, fitur tersebut berisikan tentang Windows Media Player yang berguna untuk memutar video ataupun musik, tapi karena media player yang saya gunakan yaitu MPC-HC dan VLC maka saya mematika fitur tersebut karena tidak terpakai. Begitu juga dengan Internet Explorer saya mematikannya karena memakai browser lain yaitu Google Chrome.

Cara Mematikan Windows Features Di Windows 10

  • Masih pada Properties yang ada pada tahap 1 pembahasan sebelumnya tentang Mematikan Visual Effects diatas. Klik pada Control Panel yang ada pada bar diatas untuk membuka Control Panel (lihat gambar dibawah jika belum paham).

Cara Masuk Control Panel Di Windows 10

  • Selanjutnya klik pada tulisan Programs.

Cara Masuk Programs and Features Di Windows 10

  • Pilih Turn Windows fetures on or off dan akan muncul pop up baru.

Cara masuk Windows Features Di Windows 10

  • Hilangkan centang pada fitur yang ingin kalian matikan lalu pilih OK untuk menyimpan perubahan. Setelah itu jangan lupa restart PC/Laptop kalian.

Cara Matikan Windows Features Di Windows 10

Mematikan Background Apps

Karena sebelumnnya sudah saya singgung tentang aplikasi yang berjalan dilatar belakang, maka saya akan membahasnya sekarang. Cara mematikan background apps ini hanya bisa di lakukan di Windows 10. Mematikan background apps pada Windows 10 berguna untuk menghemat pemakaian prosesor dan juga RAM, jadi cara ini sangat membantu untuk PC/Laptop yang mempunyai RAM kecil.

Cara Mematikan Background App Di Windows 10

  • Klik kanan pada logo Windows selanjutnya pilih Settings > Privacy.

Cara Masuk Setting Privacy Di Windows 10

  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu Background apps dan matikan fiturnya.

Cara Mematikan Background Apps Di Windows 10

Jadi itu saja tips dari saya untuk mengoptimalkan dan meningkatkan performa Windows 10, cara ini juga dapat diterapkan pada Windows 7, 8, dan 8.1. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Posting Komentar untuk "Cara Mengoptimalkan Dan Meningkatkan Performa Windows 10"

Berlangganan via Email