Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Port Audio Jack 3.5mm Di Windows 10

Audio jack 3.5mm biasanya digunakan sebagai penghubung perangkat yang menggunakan kabel jack 3.5mm seperti headset, speaker, dan lain-lain. Pengalaman pribadi misalnya saya hanya menggunakan headset untuk bermain game setelah itu saya cabut lagi karena lebih suka memakai speaker bawaan untuk menonton film dan sebagainya, bayangkan saja jika saya melakukan itu setiap hari tentu saja akan berdampak buruk untuk port jack 3.5mm tersebut, bisa saja portnya longgar bahkan parahnya bisa rusak. Maka dari itu saya menemukan solusi yang cukup menarik, yaitu dengan mematikan fungsi dari port jack audio 3.5mm jadi dengan cara tersebut saya bisa menggunakan speaker bawaan pada laptop saya tanpa harus mencabut kabel headset dari port jack audio 3.5mm.

Apa Itu Audio Jack?

Audio jack merupakan konektor yang dapat menghubungkan perangkat atau alat-alat yang dapat menerima input dan mengeluarkan output berupa audio. Contoh sederhana alatnya yaitu speaker yang biasa di gunakan pada pc, dan juga headset atau earphone pada smartphone.

Panduan Cara Mematikan Port Jack Audio 3.5mm Di Windows 10

Cara disable jack audio 3.5mm cukup mudah, pastikan sudah menginstal Realtek HD Audio versi terbaru agar dapat membuka HD Audio Managernya.

  • Buka control panel dengan cara klik icon pencarian yang berada di kiri bawah lalu ketik control panel.

  • Setelah control panel terbuka klik icon > yang berada di samping tulisan control panel (lihat gambar dibawah) lalu pilih All Control Panel Items.
Control Panel Windows 10
  • Cari HD Audio Manager lalu buka.

  • Klik pada Connector Settings (lihat gambar dibawah), centang Disable front panel jack detection.
Realtek HD Audio Manager Windows 10

Setelah mengikuti panduan di atas maka port jack audio 3.5mm otomatis akan di matikan, jika ingin menyalakannya lagi tinggal hilangkan centang pada Disable front panel jack detection.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Port Audio Jack 3.5mm Di Windows 10"

Berlangganan via Email